Komunikasi Strategis (DL)

Apa itu Program Studi Digital Learning (DL) Komunikasi Strategis?

Strategic Communication adalah ilmu yang mempelajari tentang segala bentuk komunikasi yang berhubungan dengan bisnis, brand, maupun perusahaan. Sebagai bagian dari Ilmu Komunikasi, Program Studi Strategic Communication tidak hanya akan mempelajari komunikasi yang dilakukan dalam lingkup personal dan kelompok, namun juga berfokus pada komunikasi yang dilakukan oleh sebuah brand, organisasi, dan perusahaan.

Melalui Program Studi Strategic Communication, mahasiswa akan mempelajari bagaimana sebuah brand, organisasi, dan perusahaan mengkomunikasikan pesan-pesannya kepada seluruh khalayak meliputi konsumen, karyawan, kompetitor, media, hingga pemerintah untuk dapat menciptakan kesepakatan bersama (mutual understanding).

Informasi Akademik

Kenapa harus pilih Prodi Digital Learning (DL) Komunikasi Strategis di UMN?

Program studi Komunikasi Strategis Universitas Multimedia Nusantara membekali mahasiswa tidak hanya dengan pengetahuan secara teori, tetapi dengan praktik secara langsung. Memberikan mahasiswa kesempatan untuk merasakan pengalaman untuk mengetahui bagaimana dunia industri saat ini bekerja.

Membekali mahasiswa dengan pengetahuan perkembangan teknologi (ICT) seperti penggunaan Multimedia Laboratory dan Collabo Hub sebagai laboratorium kerja dalam memproduksi pesan – pesan komunikasi sehingga lulusan memiliki kompetensi yang seimbang antara pemahaman teori, implementasinya saat praktik hingga penggunaan teknologi dalam menghadapi dunia kerja.  Pembekalan ini disesuaikan dengan kebutuhan industri 4.0 saat ini.

Selain itu, strategic communication UMN telah bekerja sama dengan Skystar Ventures, sebuah Bisnis Incubator yang dimiliki UMN, memberikan mahasiswa kesempatan untuk lulus dalam waktu tiga setengah tahun dengan membuat sebuah proyek. Melalui jalur Fast Track, Skystar Ventures akan memberikan bimbingan dan juga permodalan untuk mahasiswa dalam menjalankan bisnisnya sehingga mereka akan dipersiapkan menjadi seorang Wirausahawan yang merintis usaha bisnisnya sendiri dan  dapat menyelesaikan perkuliahan dengan waktu yang lebih cepat.

Visi & Misi

Visi

Menjadi Program Studi Strata Satu Komunikasi Strategis unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten dalam bidang Corporate Communication dan Marketing Communications yang berbasiskan logika, etika, dan Information and Communication Technology (ICT) dengan menekankan penguasaan teoritis dan praktis, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung tenaga pengajar berkualitas, didukung tenaga pengajar professional dan kurikulum yang up to date yang link and match dengan industri.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu komunikasi berbasis ICT.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang terkait dengan komunikasi, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat dan dunia industri.

Persyaratan Masuk

  • Lulusan SMA/SMK Sederajat (verifikasi dengan ijazah dan SKHUN)
  • Mengikuti pelatihan LMS/e-learning UMN
  • Mengisi kesediaan mengikuti kegiatan tutorial online.

Informasi Akademik

Keunggulan Program Studi
Strategic Communication UDL

Mahasiswa tidak hanya dibekali pengetahuan secara teori saja, namun juga didukung dengan studi kasus – studi kasus untuk mendukung pemahaman teori mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif (critical dan creative thinking), serta pemecahan masalah (problem solving). Di samping itu, kegiatan belajar juga didukung dengan praktik yang dapat dilakukan secara langsung dan sukarela oleh mahasiswa di Pusat Belajar Jarak Jauh. Sebagai bagian dari Fakultas Ilmu Komunikasi UMN, mahasiswa Program Studi Strategic Communication UDL juga dapat menikmati fasilitas di ruang kerja dan laboratorium komunikasi Collabo Hub UMN.

Selain itu, denan dilatarbelakangi dengan perkembangan digital, mahasiswa juga akan belajar untuk merancang strategi komunikasi yang didasari oleh analisis data (data-driven communication). Di samping itu, melalui UMN Digital Learning, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk membangun bisnis melalui kerjasama dengan Skystar Ventures, sebuah incubator bisnis yang dimiliki UMN.

Informasi Akademik

Kurikulum Program Studi Komunikasi Strategis

Kurikulum Prodi Komunikasi Strategis

Mahasiswa Program Studi Strategic Communication UDL akan mempelajari mengenai teori dan praktik terkait komunikasi selama masa studi. Secara umum kurikulum Program Studi Strategic Communication dapat dijelaskan sebagai berikut:

Tahun Pertama : Mahasiswa akan mempelajari mengenai pemahaman akan teori komunikasi, pengantar public relations dan advertising. Di tahun pertama ini juga, mahasiswa diajarkan untuk menjadi seorang yang kritis dan kreatif serta pengenalan pada program-program berbasis multimedia.

Tahun Kedua : Mahasiswa akan mempelajari mengenai macam-macam bentuk komunikasi mulai dari lingkungan yang kecil seperti komunikasi antar pribadi hingga lingkup yang lebih luas seperti komunikasi massa. Memahami lebih dalam mengenai kegiatan public relations dan advertising yang dilengkapi dengan pemahaman mereka mengenai industry media, politik, isu global, hingga analitik data digital.

Tahun Ketiga : Mahasiswa mendalami bidang strategic communication dengan mempelajari mata kuliah yang lebih spesifik, seperti Corporate Communication Management, Reputation Management, Community Relations and Engagement, dan lain-lain. Selain itu pada tahun ke tiga mahasiswa juga dapat mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan mengikuti mata kuliah di program studi lain.

Tahun Keempat: Mahasiswa mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan mengikuti program entrepreneurship dan menyelesaikan tugas akhir.

Profil Lulusan

Profil Lulusan

  1. Professional di bidang corporate communication dan marketing communication (Social Media Strategist, Communication Campaign Planner, Data Analyst, Digital Marketing Specialist, Corporate Communication Manager, dan lain-lain)
  2. Entrepreneur
  3. Researcher atau Akademisi

Informasi Akademik

Ina Listyani Riyanto, S.Pd., M.A.
Dominika Anggraeni Purwaningsih, S.Sn., M.Anim.
Caesar Ondolan Harahap, Ph.D.
Danial Irfachsyad, Ph.D.
Dr. Tech. Rahmi Andarini
Fahmy Rinanda Saputri, S.T., M.Eng.
Johan Setiawan, S.Kom., MM.
Melissa Indah Fianty, S.Kom., M.MSI
Wella, S.Kom., M.MSI. (COBIT5)
Ir. Raymond Sunardi Oetama, M.CIS

Informasi Akademik

Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.

Wi-Fi UMN memiliki sistem free flow di mana mahasiswa UMN tidak dikenakan kuota saat mengakses […]

Dilengkapi dengan perangkat teknologi yang dapat membantu mahasiswa melakukan diskusi dan merancang konsep, UMN melatih […]

UMN mengembangkan dua metode belajar online (e-learning), yaitu Sinkron Maya dan Asinkron. Dalam metode Sinkron […]

Ruang teater yang modern ini memiliki kapasitas hingga 200 orang. Ruangan ini sering digunakan untuk […]

Dengan desain interior yang modern, puluhan ribu koleksi bacaan lokal dan internasional bisa ditemukan di […]

Setiap mahasiswa UMN memiliki akun untuk login ke aplikasi MYUMN yang menyediakan berbagai informasi seperti […]

Ruang bagi mahasiswa/i untuk melakukan banyak hal dibidang komunikasi seperti praktek simulasi press conference, mini […]

Ruang yang difungsikan untuk menggali pemahaman individu atau grup melalui Focus Group Discussion (FGD) atau […]

Ruang praktek mahasiswa Fakultas Komunikasi UMN, yang terdiri dari ruang simulasi press conference, ruang meeting, […]

Studio ini dirancang khusus sesuai standar operasional penyiaran televisi agar mahasiswa dapat mendesain, memproduksi dan […]

Informasi Akademik

Sistem Pembelajaran

Pembelajaran digital yang dilakukan dengan :

  1. Sinkron maya, dosen dan mahasiswa melakukan kegiatan belajar dengan tatap muka secara virtual.
    Pada sinkron maya, pembelajaran dilakukan untuk membahas studi kasus, diskusi, dan juga melakukan review dari pertemuan-pertemuan lainnya. Kelas sinkron maya juga dapat diisi oleh dosen tamu yang merupakan praktisi yang berupatsi di bidangnya untuk dapat membawakan studi kasus yang riil dari dunia industry.
  2. Asinkron mandiri, di mana mahasiswa melakukan kegiatan belajar mandiri dengan mengakses materi belajar di Learning Management System secara fleksibel.
    Materi belajar dalam asinkron mandiri adalah video pembelajaran interaktif yang disertai dengan animasi dan visual yang menarik untuk dapat memberikan ilustrasi terhadap penjelasan dosen, slide presentasi, dan materi pembelajaran lainnya.
    Selain itu, mahasiswa juga dapat mengikuti forum diskusi online.
  3. Pengumpulan tugas kuliah dan kuis dalam dilakukan oleh mahasiswa melalui Learning Management System
  4. Mahasiswa juga dapat melakukan kegiatan tutorial online yang dilakukan bersama tutor.
  5. Mahasiswa dapat hadir secara sukarela ke kampus utama atau PBJJ untuk mendapatkan tutorial tatap muka langsung dan menikmati fasilitas kampus.
  6. Mahasiswa juga dapat mengakses digital library untuk mendapatkan literatur lain.

Saya dapat menyelesaikan kuliah dengan tanggung jawab sambil berbisnis. Mostly, prodi Strategic Communication UMN banyak mengajarkan tentang Branding and Marketing; how we create a brand that people could easy to remember and share to others.

 

Wilson Tjandra

Founder and CEO Burgushi.id (Motrela Group)

Digital Learning

Program Studi Digital Learning didesain untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dengan waktu belajar yang lebih fleksibel. Pembelajaran yang dilakukan melalui E-learning ini memungkinkan mahasiswa untuk dapat belajar di mana saja dan kapan saja.


Try Out Our Program Online Learning >

BERITA & PRESTASI KOMUNIKASI STRATEGIS (DL)